Rabu, 04 Oktober 2017

BANGUNAN RBW 4 x 12 x 3 Lantai



Menjawab pertanyaan dari email :

Bagaimana desain tata ruang dan penempatan pintu masuk serta LAL untuk RBW 4 x 12 x 3 Lantai?

Catatan : 
  • Ukuran bangunan 4 meter x 12 meter dengan rumah monyet 4 meter x 2,80 meter serta tinggi 2 meter (sudah berfungsi sebagai roving room dan lintasan bebas hambatan).
  • Membuat pintu masuk burung di rumah monyet dengan ukuran jarak dari dinding samping dan atas kurang lebih 40 cm dan ukuran pintu masuk burungnya adalah tinggi 40cm x lebar 80cm.
  • Jarak susunan antar papan sirip 30 cm, kayu yang baik digunakan untuk papan sirip bisa menggunakan MERANTI BATU, LANAN, KAYU NYATU (jenis pohon getah) di Kalimantan banyak terdapat kayu nyatu. Syarat utamanya papan harus bersih dan benar-benar kering. 
  • Skat Gantung dari triplek atau terpal juga boleh dengan ukuran kurang lebih 60 cm.
  • Tinggi masing-masing lantai paling rendah 2,20 meter. Lebih tinggi lebih baik.
  • Sirkulasi udara dengan pipa paralon dan dipasang L dibagian dalamnya seperti bangunan walet pada umumnya, jarak antar pipa diatur sesuai kebutuhan.
  • Twiter inap sebaiknya dipasang lurus ditengah sejajar menghadap pintu masuk menuju papan sirip dengan jarak melangkahi 1 papan sirip begitu seterusnya. (rekomendasi: twiter Audax 61)
  • Pasang twiter suara panggil di dinding bagian belakang dan pintu masuk burung menuju papan sirip serta 4 sudut pada dinding lintasan paling bawah dengan suara yang sama dengan pintu masuk burung pada rumah monyet.
  • Sajian Gambar dibawah berikut ini tidak menggunakan Skat  Ruangan, skat bisa digunakan ketika burung sudah mulai menginap. Karena kebanyakan tahap awal operasional rumah walet biasanya dimasuki oleh walet muda yang sungkan-sungkan bertamu (hahaha). Biar bebas akses sementara adaptasi ruangan. 

Lantai Atas dan rumah monyet

Pintu masuk burung harus dipilih salah satu saja, yang tampak di gambar itu posisi pilihan. 



Perhatikan posisi pintu masuk burung menuju papan sirip







 Lantai bawah dan lantai kedua atau seterusnya pintu masuk menuju papan sirip agar dibuat sama.

Demikian gambar sederhana dan penjelasan singkat yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi pemula yang ingin membangun dengan modal secukupnya. 


1 komentar:

Thanks to coment..! mohon maaf untuk komentar yang belum sempat direspon.

TRIK & TIPS RBW

SUARA CEK LOKASI WALET

Bagi teman-teman yang ingin survey lapangan melakukan cek lokasi sebelum memastikan untu mendirikan bangunan gedung walet, boleh menggunakan...

ARTIKEL TRENDING